Butuh Inkubator? Anda Bisa Pinjam di Sini – detikHealth

Butuh Inkubator |

Butuh Inkubator butuh inkubator Butuh Inkubator? Anda Bisa Pinjam di Sini - detikHealth 10649041 456795081127252 1338639118341724365 o

Jakarta, Bayi yang sedang sakit atau lahir dengan bobot di bawah 2.500 gram disarankan untuk dirawat sementara di inkubator. Hal ini perlu untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat. Jika Anda membutuhkan inkubator untuk merawat bayi prematur atau memiliki berat badan rendah, maka Anda bisa meminjamnya di Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia.

Adalah Tim Laboraterium NICU (Neonatal Intensive Care Unit) Departemen Teknik Mesin, Universitas Indonesia yang dipimpin Prof Dr Ir Raldi Artono Koestoer, DEA yang membuat inkubator untuk dipinjamkan secara gratis ke masyarakat. “Katakanlah di rumah sakit deposit Rp 2,5 juta, nah pakai ini tanpa deposit. Padahal ini darurat, ini hak bayi untuk hidup, kita tolong dengan alat ini. Kalau harus bayar nanti yang ada malah utang sana-sini dan nanti akan makin terjerat,” ujar Prof Raldi saat ditemui detikHealth di Gedung Teknik Mesin Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, dan ditulis pada Kamis (30/10/2014).

Inkubator yang diberi nama Grashof tersebut mampu menstabilkan suhu badan bayi prematur. Sebab sistem kerja inkubator tersebut sama dengan prinsip kerja inkubator yang umum dijumpai di rumah sakit.

Prof Raldi menjelaskan bagi para calon peminjam dianjurkan untuk berkomunikasi melalui layanan SMS Tim NICU di nomor 085659312070 untuk didata terlebih dahulu. Calon peminjam kemudian akan diberi sejumlah pertanyaan mengenai kondisi bayi yang membutuhkan inkubator tersebut.

“Kita akan tanya melalui SMS terlebih dahulu sebelumnya jadi kalau mau pinjam di sini kita konfirmasi dengan komunikasi lewat SMS itu tadi, nah itu fungsi gateway SMS di sini. Jadi itu inti komunikasi kita memberikan layanan gratis. Saya akan berikan greating dahulu bahwa kami menyediakan inkubator, yang kedua kami memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti nama bayi, berat bayi, panjang tubuh bayi, nama ibu, nama ayah, kapan dia pulang dari rumah sakit. Kemudian kita tentukann statusnya dulu, dia urgent atau tidak terburu-buru. Nanti setelah ditentukan baru mereka datang ke sini untuk diterangkan bagaimana cara menggunakannya,” jelas Prof Raldi.

Sebelum inkubator ini dipinjamkan, tim akan memeriksa kondisinya sehingga benar-benar aman saat digunakan. “Sebelum kita pinjamkan di sini ada lembar Quality Control (QC). Biasanya minimal satu sampai dua hari kita tes dengan dinyalain 10 jam nonstop dan dilihat bila sudah stabil di suhu 32-35 berarti sudah siap dipakai. Kalau sudah siap pakai nanti dikelurkan lembar QC (Quality Control)nya, nanti setelah peminjam datang kita kasih QCnya yang menyatakan bahwa ini sudah aman dan dapat digunakan,” ujar Asisten Laboraterium NICU Ibnu Roihan, ST di tempat yang sama.

Butuh Inkubator

Butuh Inkubator

Butuh Inkubator

Butuh Inkubator

Butuh Inkubator

Butuh Inkubator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *